Bongsari Bagi Sembako untuk Umat Katolik Miskin

Hari Orang Miskin Sedunia diperingati setiap tahun pada Minggu Biasa ke-33. Tahun ini merupakan Hari Orang Miskin ke-3 setelah diperkenalkan Paus Fransiskus pada 2017. Tahun ini peringatannya jatuh pada 17 November. Tema HOM ke-3 berfokus pada Mazmur 9: Harapan Orang Miskin Tidak Akan Dibiarkan Putus.

Ketika menyambut HOM ke-3, Paus Fransiskus berpesan: “Orang miskin menyelamatkan kita karena mereka memungkinkan kita untuk menemukan wajah Yesus Kristus. ” Ia mengatakan, “kita tidak pernah bisa menghindar dari seruan dalam Kitab Suci yang mendesak kita memberi perhatian terhadap orang miskin.”

Dalam rangka memperingati HOM ke-3 itulah, maka pada tanggal 29 – 30 November 2019, Paroki Santa Theresia Bongsari membagikan sembako kepada orang-orang miskin yang ada di wilayah Paroki Bongsari.  Tim Pelayanan Kemasyarakatan (PSE) dikoordinatori Bpk. Iwan Wahyudi bekerja sama dengan Tim Kerumahtanggaan dikoordinatori Ibu Antonia Siti untuk membagikan paket kepada 40 orang miskin yang ada di wilayah paroki Bongsari.

Paket yang dibagikan kali ini berisi: beras 5 kg, kecap 600 ml, gula pasir 1 kg, mie telor 1, roti kering, teh, minyak goreng 1 lt.

Selama dua hari itu, tim PSE berkeliling ke rumah-rumah umat Katolik untuk membagikan paket-paket. Rute perjalanan yang naik turun, kondisi keluarga yang kekurangan, perjumpaan dengan seorang nenek yang hidup sebatang kara di rumah yang kurang layak memberi semangat bagi tim untuk berjumpa dan berbagi dengan umat.

Semoga kegiatan ini secara konsisten dapat terus berlangsung dan wajah kerahiman dan belas kasih Allah menjadi semakin tampak di tengah umatnya. Semoga kegiatan ini menguatkan umat Bongsari untuk semakin peduli terhadap sesama dan semakin mengimani tindakan-tindakan cinta kasih yang diajarkan Yesus, agar kita bukan hanya menerima berkat namun juga membawa berkat bagi banyak orang di sekitar.

[admin/iwan wahyudi]


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *