Pekan Suci 2020 Tanpa Umat di Gereja

Merayakan Pekan Suci dengan Live Streaming

Penghormatan Salib dalam Ibadat Jumat Agung.
Foto: Simon Dodit

Pekan Suci 2020 sungguh akan terkenang. Banyak umat yang berkomentar bahwa ini adalah pekan suci yang aneh namun sungguh istimewa. Kali ini, umat tidak ke Gereja namun merayakannya di rumah masing-masing bersama keluarga. 

Pandemi Covid-19 mengharuskan setiap orang unguk menjalankan physical distancing. Gereja pun mengikuti anjuran/keharusan pemerintah yan mewajibkan setiap orang untuk melakukan “apa-apa” di rumah. Tidak hanya bekerja dan belajar di rumah tetapi juga beribadah/berdoa di rumah.

Pekan Suci 2020 pun mau tidak mau harus dirayakan di rumah.

Foto: Umat merayakan Jumat Agung dan Malam Paskah di rumah.

Paroki Santa Theresia Bongsari menangkap kerinduan umat (khususnya umat yang berada di dalam teritori Bongsari) yang ingin merayakan Ekaristi di Gereja mereka. Banyak umat yang ingin supaya Paroki juga mengadakan Live Streaming langsung dari paroki sendiri. Karena itulah, paroki mengusahakan live streaming untuk sebagai bentuk pelayanan selama masa pekan suci ini tahun 2020.

Live streaming ini diselenggarakan oleh tim Multimedia dikomandani oleh Mas Harsanto dan Samuel. 

Walaupun baru pertama kali, namun umat dan penonton live streaming merasa puas dan sangat terbantu. Banyak umat yang memberikan respon positif.

Hal yang bisa kita pelajari adalah bahwa Gereja bukan hanya soal Gedung Gereja. Rumah sendiri adalah Gereja; tempat kita bisa merayakan Ekaristi, tempat kita berdoa, tempat di mana Tuhan bisa ditemukan dan dialami kehadiran-Nya dalam keterhubungan bersama keluarga. 

Semoga Tuhan yang bangkit senantiasa meneguhkan iman dan harapan kita khususnya di tengah krisis pandemi Covid-19 ini.

This too shall pass. Have faith!
Selamat Paskah 2020.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *